Tugas Pemain dalam Sejarah Bola Voli di Belahan Dunia

Berbicara mengenai sejarah bola voli yang ada penjuru dunia tidak lepas dari kehadiran para pemainnya. Ya, pertandingan bola voli memang melibatkan para pemain yang terbagi ke dalam dua tim. Biasanya masing-masing tim terdiri dari sekelompok orang. Sistem pertandingan mengharuskan setiap tim menyediakan 10 pemain.

Bila melihat sejarahnya, pertandingan bola voli terbagi menjadi dua tim yang di dalamnya terdapat pemain utama dan cadangan. Total pemain utama dalam pertandingan bola voli ialah 6 orang. Sementara tiap tim yang bertanding juga harus memiliki setidaknya 4 pemain cadangan. Sesuai namanya tugasnya adalah menggantikan pemain yang cidera.

Di sisi lain dalam kompetisi terdapat 8 tim yang nantinya dibagi menjadi dua kelompok. Tidak hanya pembagian jumlah pemain saja. Konon sejak awal sejarah bola voli dunia juga membagi tugas-tugas para pemainnya. Sehingga sistem pertandingan menjadi terarah dan menghasilkan pemenang sesuai aturan. Penasaran apa saja tugas para pemain dan sejarahnya?

Sejarah Pemain Bola Voli

Pertandingan bola voli sebenarnya terbagi menjadi dua jenis secara umum. Kedua jenisnya ialah umum dan pantai. Baik jenis pantai dan umum keduanya sama-sama dimainkan oleh para pemain yang identik dengan grup berlawanan. Dalam permainan ini bola menjadi alat utamanya. Sementara para pemain dituntut untuk memainkan peran sesuai dengan tugasnya masing-masing.

Di dalam sejarah bola voli khususnya untuk jenis pantai pemain hanya terdiri dari empat orang saja, untuk masing-masing tim biasanya terdiri dari dua orang. Tidak hanya itu, saja secara umum dalam permainan bola voli beberapa kali mengalami perubahan. Tidak hanya dari perubahan nama saja, pemainnya juga turut menjadi perhatian.

Pada tahun 1916 permainan bola voli hadir dengan teknik pemain yang baru. Penggunaan teknik baru ini konon diberi nama smash dan spike. Kemudian pada tahun 1920 permainan atau tepatnya empat tahun kemudian ada perubahan pemain. Setiap pemain memiliki tugas masing-masing yang harus ditaati saat pertandingan berlangsung.

Tugas pemain dalam sejarah bola voli mengharuskan sentuhan paling tidak sebanyak 3 kali. Kemudian skor yang semula hanya berkisar 15 berubah menjadi 21 poin. Tidak hanya itu saja pemain bisa mengalami kehilangan bila sementara atau bahkan nilai dan point. Ini terjadi jika pihak lawan memasukkan bola ke area lapangan Anda.

Tugas Pemain Bola Voli Dalam Sejarah

Bagaimana dengan tugas para pemain dalam pertandingan bola voli? Permainan ini mengharuskan para pemainnya untuk mengambil posisi dan tugas masing-masing. Pada dasarnya dalam olimpiade dunia tugas tiap pemain sama. Setidaknya ada empat posisi yang harus diambil oleh para pemain bola voli. Masing-masing posisi tersebut mencerminkan posisi yang berbeda.

Keempat posisi dan tugas pemain dalam sejarah bola voli adalah defender, spiker atau smasher, libero dan set upper (tosser). Tugas utama seorang pemain yang mendapat peran sebagai defender ialah menerima serangan dari pihak lawan. Sementara itu pemain dengan sebutan spiker bertugas melakukan pukulan atau smash. Smasher biasanya dituntut menguasi teknik.

Seorang yang memiliki tugas libero diharuskan mampu menerima dan menahan serangan lawan. Pemain ini harus menguasai teknik dasar seperti passing bawah dan atas. Sementara itu tugasnya adalah mengatur tim dengan cara mengumpan bola menuju arah teman di dalam tim tersebut. Umpan ini bertujuan agar spiker dalam melakukan smasher dengan baik.

Nah, itulah sejarah dan fungsi dari setiap pemain bola voli. Pada intinya pertandingan bola voli dapat berjalan dengan maksimal dengan kerjasama antar pemain dalam tim. Apalagi setiap pemain di dalam pertandingan dibekali dengan wawasan tugas masing-masing. Sehingga tugas pemain dalam sejarah bola voli dunia terasa jelas dan dipahami.

Keyword: sejarah bola voli

Deskripsi: Tugas pemain dalam sejarah bola voli bervariasi. Bahkan masing-masing pemain memiliki tugas dan posisi yang harus dikerjakan selama pertandingan berlangsung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *